Valencia vs Arsenal: Bungkam Tuan Rumah 4-2, The Gunners Melenggang ke Final

Header Menu

Valencia vs Arsenal: Bungkam Tuan Rumah 4-2, The Gunners Melenggang ke Final

Jumat, 10 Mei 2019


Arsenal melenggang ke final Liga Europa. Kemenangan 4-2 di markas Valencia memastikan The Gunners lolos dengan agregat telak 7-3.

Arsenal bertandang ke Mestalla, Jumat (10/5/2019) dinihari WIB pada leg kedua semifinal Liga Europa dengan bekal keunggulan 3-1. Valencia sempat menghidupkan peluang saat Kevin Gameiro mencetak gol di menit ke-11.

Tapi tim tamu langsung merespons dengan gol Pierre-Emerick Aubameyang enam menit berselang. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Selepas restart, Arsenal memberikan pukulan telak dengan gol Alexandre Lacazette di menit ke-50. Di titik ini, Arsenal memimpin 5-2 secara agregat.

Gameiro kembali mencetak gol di menit ke-58, tapi Arsenal membunuh kesempatan tuan rumah dengan dua gol beruntun. Aubameyang mencetak dua gol tambahan, masing-masing di menit ke-69 dan 88, untuk mengukir hat-trick.

Skor 4-2 menjadi hasil akhir pertandingan ini. Arsenal pun lolos ke final dengan agregat meyakinkan 7-3. Mereka tinggal menunggu lawan di final, pemenang antara Eintracht Frankfurt vs Chelsea.

Jalannya Pertandingan

Valencia menekan dan menciptakan situasi di menit keenam. Kevin Gameiro lolos dari perangkap offside dan melepaskan umpan silang yang ditanduk Jose Gaya. Bola dibelokkan saja oleh Laurent Koscielny ke luar lapangan.

Dua menit berselang, Goncalo Guedes mengambil bola yag terlepas dari Gaya dan melepaskan sepakan. Percobaannya masih melambung saja.

Tekanan Valencia berbuah gol di menit ke-11. Umpan silang mendatar Rodrigo diselesaikan Gameiro dari jarak dekat untuk menaklukkan Petr Cech.

Arsenal membalas! Tim tamu lepas dari tekanan dan menyamakan kedudukan dari serangan balik. Sundulan Alexandre Lacazette jatuh di kaki Pierre-Emerick Aubameyang yang tak terkawal dan tinggal menghadapi kiper.

Dengan sepakan voli Aubameyang menjebol gawang Valencia yang dikawal Norberto Neto.

Arsenal mencoba menebar ancaman lain di menit ke-26. Umpan silang Granit Xhaka disundul Aubameyang namun melambung saja.

Valencia merespons melalui percobaan Daniel Parejo. Sepakannya melebar ke kanan atas gawang.

Arsenal membuang peluang bagus untuk berbalik unggul pada menit ke-40. Aubameyang menusuk di kanan dan menyodorkan bola ke Lacazette di depan kotak penalti. Dalam posisi relatif bebas, tendangan Lacazette tipis saja ke kanan gawang.

Babak pertama berakhir 1-1.

Baru empat menit babak kedua berjalan, Arsenal bikin gol dan berbalik unggul. Lacazette yang menerima bola dari Lucas Torreira, menggocek dua pemain Valencia dan melepaskan sepakan ke pojok kanan bawah gawang.

Keunggulan Arsenal tak bertahan lama, Valencia menyamakan kedudukan di menit ke-58. Tendangan Daniel Wass mulanya membentur kaki Gameiro di tengah kotak penalti, lalu diselesaikannya dengan sontekan ringan menaklukkan Cech.

Arsenal kembali unggul di menit ke-69! Ainsley Maitland-Niles mengirim umpan silang yang diselesaikan oleh Aubameyang di tiang dekat.

Arsenal semakin membenamkan Valencia dengan gol Aubameyang di menit ke-88. Lewat kerja sama dengan Henrikh Mkhitaryan, Aubameyang mendapatkan umpan terobosan di sisi kanan dan menuntaskan serangan dengan tembakan keras.

Hat-trick Aubameyang menandai kepastian lolos Arsenal ke final Liga Europa. Laga tuntas dengan skor 4-2.

Susunan pemain:

Valencia: Neto; Cristiano Piccini (Carlos Soler 56'), Gabriel, Ezequiel Garay, Jose Gaya; Daniel Wass, Daniel Parejo, Francis Coquelin, Goncalo Guedes (Ferran Torres 71'); Rodrigo Moreno (Santi Mina 72'), Kevin Gameiro

Arsenal: Petr Cech; Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Ainsley Maitland-Niles, Granit Xhaka, Lucas Torreira (Matteo Guendouzi 80'), Sead Kolasinac (Shkodran Mustafi 71'); Mesut Oezil (Henrikh Mkhitaryan 62'); Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini